12 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi Dan Minum Susu Usia 1 Tahun Dan Sixteen Bulan

12 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi Dan Minum Susu Usia 1 Tahun Dan Sixteen Bulan

Ibu juga harus memahami kondisi anak, jika anak sedang sibuk dalam melakukan sesuatu misalnya sedang sibuk mewarnai biarkan anak tersebut selesai mewarnai. Setelah anak selesai mewarnai barulah ibu bisa menawarkan anak untuk makan kembali. Hal tersebut lebih lembut dibandingkan dengan mengancam dan memakasa anak untuk makan. Ibu yang tidak sabaran akan cenderung memaksa anaknya untuk menuruti apa maunya. Memang kemauan anak belum tentu sejalan dengan kemauan ibu, oleh sebab itu ibu disarankan untuk lebih bersabar dalam menghadapi anaknya.

Namun, hal tersebut tidak mudah , karena anak yang sedang asyik bermain tentunya ingin terus bermain dan sulit untuk berhenti. Akan tetapi, mengajak anak untuk makan masih tetap dapat dilakukan dengan bermain peran misalnya. Orang tua berperan sebagai penjual makanan, kemudian anak menjadi pembeli. Tanpa di sadari anak akan mendekat dan istirahat bersama ibunya untuk menikmati hidangan rumah. Tindakan orangtua yang binggung dan khawatir terhadap anaknya selalu menjadikan sebuah keputusan yang keliru, salah satunya adalah saat memaksa anak untuk makan. Hal ini tidak boleh dilakukan karena memaksa makan akan membuat anak mendapatkan suatu tekanan.

GTM atau susah makan ini biasanya dilakukan anak dengan menutup mulutnya dan tidak mau makan. Sajikanlah makanan dengan menu beragam, bentuk yang unik dan sehat. Sesekali, ajak mereka makan di taman untuk meningkatkan selera makannya.

Penyebab anak Anda susah makan mungkin bisa jadi karena menu makanan yang disajikan setiap harinya tidak variatif alias itu-itu saja. Memperhatikan minuman yang dikonsumsi anak juga penting dalam proses menjaga nafsu makan mereka. Usahakan ketika makan, anak tidak terlalu banyak minum karena hal tersebut bisa menyebabkan perut kembung dan anak cepat merasa kenyang. Alhasil, ini sangat berpengaruh terhadap porsi makan mereka yang cenderung lebih sedikit. Bagi sebagian besar ibu, memaksa anak untuk makan dianggap sebagai solusi terbaik dari masalah ini. Padahal, dengan marah dan memaksa anak, nafsu makan bukan bertambah tetapi justru anak akan semakin malas dan menghindar.

Jika Ibu khawatir tentang masalah makan si Kecil, sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan diagnosa yang lebih khusus dan spesifik. Karena setiap anak memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Membuat atau mengolah makanan untuk anak – anak memanglah membutuhkan kreativitas yang cukup tinggi. Khususnya untuk anak – anak yang suka memilih – milih makanan, para orang tua harus dituntut untuk pintar dalam mengolah makanan.

Daging merah merupakan salah satu makanan yang harus dihindari pengidap kista ovarium. Penyakit pilek adalah salah satu penyakit yang populer di masyarakat. Kemampuan menghisap yang baik juga menghindari bayi terkena gangguan pernapasan.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Melibatkan anak menentukan menu makanan yang hendak dimakannya dapat membuatnya lebih tertarik untuk makan. Orang tua memang pihak yang bertanggung jawab dan memiliki kontrol untuk mengatur makanan apa yang harus dimakan anak. Namun, anak-anak juga punya keinginan untuk menentukan apa yang ingin ia masak. Seringkali anak-anak menolak makan karena menu tersebut bukanlah pilihannya.

Comments are closed.