Anak Susah Makan? Ini 6 Solusi Dari Dokter Yang Bisa Dicoba!

Anak Susah Makan? Ini 6 Solusi Dari Dokter Yang Bisa Dicoba!

Anak-anak suka makan dengan sosis, abon, ayam goreng, dan kesukaan anak lainnya. Namun jika anak hanya mau makan makanan kesukaan juga tidak baik. Karena kurang memberikan variasi nutrisi yang penting untuk pertumbuhannya.

Mengapa anak-anak susah untuk makan

Cobalah untuk memberikannya secara perlahan seperti memberikan contoh misalkan tokoh kartun Popeye akan menjadi kuat dengan makan bayam. Hal kecil ini bisa menjadikan minat anak mengkonsumsi makan bayam meningkat. Karena itu, sebisa mungkin batasi camilan si kecil sebelum ia makan.Kurangi camilan yang mengandung karbohidrat agar ia tak merasa cepat kenyang. Melansir dari else vitamin, bayi usia 4-6 bulan umumnya membutuhkan sekitar 320 kalori dari karbohidrat.

Ya, kamu pun akan bosan jika setiap hari makan ketoprak atau nasi goreng, kan. Pelajari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting untuk si Kecil usia 0-12 bulan di sini. Pelajari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting untuk si Kecil usia di atas 1 tahun di sini.

Hindari camilan atau makanan ringan yang tidak sehat dan minuman di antara waktu makan. – Jika anak tidak suka sayur tapi masih suka telur, maka Anda dapat mencampurkan sayur saat membuat telur dadar, sehingga sayurnya tidak terlihat dan anak jadi mau makan. Berikan pujian apabila dapat menghabiskan makanannya, ini untuk memotivasi anak dalam memenuhi jumlah makanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Anak yang tidak suka makan buah atau sayur dapat menyebabkan kekurangan vitamin, contohnya vitamin A.

Kebanyakan anak lebih menyukai rasa yang manis daripada rasa pahit atau hambar pada sayuran. Hal ini menyebabkan anak susah untuk makan sayuran yang disajikan di rumah. Sekitar usia dua atau tiga tahun, pertumbuhan balita mulai melambat, berikut juga dengan nafsu makan anak.

Melalui, Nutriclub menampilkan ratusan artikel tentang berbagai aspek pertumbuhan maupun nutrisi yang bisa diakses oleh semua ibu. Si kecil tengah dalam masa pengobatan dan menjadi lebih sulit makan? Jangan terlalu khawatir Bun karena memang kondisi ini umum terjadi, khususnya bila ia mengonsumsi beberapa jenis obat tertentu.

Ibu juga harus memahami kondisi anak, jika anak sedang sibuk dalam melakukan sesuatu misalnya sedang sibuk mewarnai biarkan anak tersebut selesai mewarnai. Setelah anak selesai mewarnai barulah ibu bisa menawarkan anak untuk makan kembali. Hal tersebut lebih lembut dibandingkan dengan mengancam dan memakasa anak untuk makan. Anak yang dilibatkan ketika menata menu makanan untuknya bisa menyebabkan dirinya bersemangat untuk memakan makanannya. Hal itu dikarenakan anak lebih senang dengan hasil jerih payahnya sendiri dan anak pun akan menghargai jerih payahnya sendiri. Zat gizi yang harus masuk dalam tubuh si kecil menjadi berkurang, karena si kecil tidak doyan makan.

Jika di awal anak tampak ragu untuk mencicipi makanan tersebut, beri contoh dan katakan bahwa makanan tersebut tidak kalah lezat dengan makanan favoritnya. Anak juga akan merasa lebih nyaman untuk makan sendiri dan ini merupakan suatu pembelajaran tanggung jawab pada anak. Hal ini akan membuat ketertarikan anak dengan makanan lain selain makanan manis berkurang. Namun, jangan pernah menjanjikan makanan manis untuk anak sebagai hadiah.

Comments are closed.