Berbakti Kepada Allah Dan Orang Tua

Berbakti Kepada Allah Dan Orang Tua

Melakukan kontak fisik, berbicara dengan lembut, dan memberi waktu untuk anak menenangkan dirinya. Dalam hadist ini berarti, bahwa jangan sampai orang tua menampakkan emosi berlebih atau kemarahan yang sangat tidak terkontrol. Hal ini dikarenakan dengan kondisi tersebut bisa menaikkan emosi untuk memukul. Dekati anak, usahakan posisi sejajar dengannya , lalu tatap matanya. Cara ini untuk memastikan kita akan menaruh perhatian sepenuhnya saat kita berkomunikasi dengan anak. Anak-anak pun akan lebih nyaman saat orang tua yang mengajaknya bicara berada dekat dengannya.

Sanksi yang diberikan bisa sangat tegas, fleksibel bahkan lebih santai jika kesalahan si Kecil tidak terlalu parah. Saat si Kecil berhasil melakukan sesuatu yang sesuai dengan yang Mama inginkan, tidak ada salahnya kalau Mama memberikan pujian untuknya ya. Dengan bersikap lembut, si Kecil akan merasa kalau Mama menyayangi dirinya.

Dengan tenang dan tegas, jelaskan konsekuensi yang akan mereka terima jika mereka tidak bisa bersikap baik. Misalnya, katakan pada anak Anda bahwa jika ia tidak merapikan mainannya, Anda akan menyimpannya sepanjang hari. Buat aturan-aturan ayng jelas dan konsisten sehingga anak tidak kebingungan saat mengikutinya. Konsisten dalam artian ‘tidak berarti tidak’ sehingga anak tahu aturan yang Anda buat tidak mudah digoyahkan. Memukul anak sangat tidak direkomendasikan sebagai metode mendisiplinkan anak, karena efeknya hanya jangka pendek dan dapat mengakibatkan trauma.

Dengan mempelajari dan menerapkan authoritative parenting, kita pun dapat mengurangi dorongan untuk membentak dan menghukum anak. Berdasarkan dalil-dalil diatas, jelas bahwa pendidikan anak dalam Islam sangat tegas serta mempunyai tahapan-tahapan yang disesuaikan dengan tingkatan usia dan kenakalan yang dilakukan oleh anak. Jika seorang anak telah menentang Allah dan Rasul-Nya maka tidak ada satupun yang dapat menyelamatkannya, tidak pula dengan guru dan orang tuanya. Lalu bagaimana dengan anak yang sudah diperingatkan untuk melaksanakan kewajibannya kepada Allah sementara ia masih enggan mengerjakannya? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pemboikotan adalah bersekongkol untuk menolak melakukan kerjasama baik dala berbicara, keikut sertaan, dan sebagainya.

Pemberontak atau penantang ini membuat anak dapat membantah atau tidak nurut dengan kehendak orang tuanya. Kesabaran memang sangat dituntut dalam mengasuh anak, namun dengan pola didik yang benar, anak akan lebih menjadi pribadi yang berbudi baik dan menurut pada orangtua. Banyak hal yang bisa dipikirkan, mulai dari soal teman-temannya, sekolah, dan hal-hal lainnya. Untuk mendapatkan perhatian anak, sebutkan dan panggil namanya dengan nada positif dan biasa. Bakal butuh waktu beberapa saat sampai kita bisa mendapat perhatian anak sepenuhnya.

Setiap anak memiliki respon yang berbeda-beda terhadap perlakuan dari orang di sekitarnya. Para ahli juga mengungkapkan jika anak yang tumbuh dan berkembang di tengah keluarga keras akan mengalami penurunan rasa percaya diri. Ini berbeda dengan anak yang diasuh dengan penuh cinta, kasih sayang dan kelembutan.

Kedua, kamu bisa menjauh dulu dari si kecil, misalnya pergi ke kamar. Jika sudah merasa lebih baik, kamu boleh mengajak anak berbicara dan memberikan arahan untuk tidak mengulangi perilakunya lagi. Saat kamu marah kepada anak, sebenarnya seringkali karena masalah yang sepele.

Membuat anak tidak mau menghormati orangtua.Membentak anak adalah bentuk dari kita, orangtua yang tidak menghargai anak sendiri. Sehingga, anak pun menjadi tidak bisa menunjukkan rasa hormatnya kepada orangtua. Ketakutan yang sering ia rasakan ketika Anda membentaknya membuat anak Anda lebih memilih untuk diam.

Berbicara dengan anak tanpa membentak

Anak juga bisa merasa tidak dimengerti bahkan oleh orang terdekatnya sendiri, dalam kasus ini kedua orangtuanya. Dampaknya, anak bisa merasa sedih, malu, dan tidak disayang lagi. Jadi, tak heran jika anak tidak mau terlalu dekat lagi dengan orangtuanya. Ambil contoh, anak Anda tetap tak mau tidur meski sudah Anda minta dengan baik-baik. Jadi, berusahalah untuk menjadi teman anak agar mereka merasa nyaman. Lakukan berbagai kegiatan yang dapat membantu Anda menjadi lebih tenang, seperti meditasi, olahraga, mendengarkan musik, atau lainnya.

Tanamkan pada pikiran bawah sadar Ibu untuk tidak lagi melampiaskan emosi pada anak. Mudah marah karena hal sepele biasanya diakibatkan oleh rasa lelah yang tak tertahankan. Terlebih jika Ibu memiliki lebih dari 1 balita yang masih membutuhkan banyak perhatian dalam waktu bersamaan. Oleh karena itu jangan ragu untuk meminta bantuan sekitar untuk sejenak menemani anak bermain.

Comments are closed.