Ini Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget

Ini Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget

Anak yang sudah kecanduan terhadap gadget akan lebih memilih kepentingan dirinya sendiri karena mereka tidak terbiasa untuk berbagi dengan sesama. Selain itu, Anda dapat menetapkan zona `bebas gadget` untuk anak seperti di kamar tidur, ruang makan, dan di dalam mobil. Pastikan untuk menawarkan pujian ketika anak Anda menunjukkan pengendalian dalam penggunaan perangkat teknologi dan mengikuti aturan yang Anda tetapkan. “Kalau anak menggunakan gadget melebihi dari separuh waktu di luar jam tidurnya, harus dilakukan aktivitas yang tidak melibatkan gadget,” tegas Retno.

Cara agar anak tidak kecanduan gadget

Berilah anak waktu untuk bermain di luar rumah, tentu saja dengan pengawasan orangtua. Batasi anak menggunakan gadget, jelaskan alasannya dengan bijak termasuk etika dunia maya. Seperti hafalan doa-doa, lagu anak-anak, permainan yang fashionable anak. Bahkan, penting untuk melatih anak supaya mengenal teknologi baru serta tidak gaptek. Sudah sifat alamiahnya anak akan meniru apa yang diperbuat oleh orang tua, termasuk soal interaksi dengan gadget. Pemilihan beragam aktivitas juga penting untuk menunjang kegiatan anak setiap hari baik itu di lingkungan rumah ataupun di lingkungan luar rumah.

Dengan begitu bukan hanya fasilitas kesehatan saja yang terjamin penuh, tapi cash-flow bulananmu pun aman. Bandingkan, pilih, dan beli asuransi dengan lebih mudah hanya melalui CekAja.com. Selain itu, tetapkan space bebas gadget, di mana semua anggota keluarga tidak boleh menggunakan gadget. Sebagai contoh, saat makan bersama di ruang makan dan jangan dilanggar. Selain karena keterbatasan lahan, kesibukan dan kekhawatiran orang tuanya juga menjadi faktor utama. Padahal, banyak permainan menyenangkan bagi anak yang dapat dilakukan di ruang terbuka.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terdapat data yang menggambarkan besarnya dampak anak yang terlalu sering menggunakangadget. Anak yang sudah kecanduan gawai sulit sekali lepas dari telepon genggamnya. Alternatif lainnya dengan mendorong anak agar tetap aktif secara fisik. Misalnya, menciptakan permainan baru bagi anak atau memberi mainan pengganti yang disukai anak.

Sayangnya, kemudahan yang diberikan oleh gadget tersebut justru dapat menyebabkan otak anak kurang terasah dengan baik karena ia terbiasa mencari jalan pintas terhadap masalahnya. Jika otaknya kurang terasah, maka proses belajarnya pun akan ikut terganggu. Untuk meminimalkan Si Buah Hati terpapar dengan gadget, akan lebih baik bila Bunda mempertimbangkan kembali kapan sebaiknya membelikan Si Buah Hati smartphone. Jika saat ini kebutuhannya untuk belajar online masih bisa dipenuhi menggunakan smartphone Bunda atau komputer di rumah, mungkin Bunda belum perlu membelikannya smartphone.

Selain itu, disarankan pula orang tua tidak berteman dengan anaknya di jejaring sosial apalagi sampai berkomentar pada posting dan foto mereka. Itu dilakukan demi memperkenalkan privasi, dan memberi kepercayaan, ke anak-anak. “Setiap keluarga perlu menemukan method yang sesuai. Bunda dapat menegosiasikan jam bebas ponsel di rumah, porsi bebas TV dalam seminggu, dan lainnya,”kata Ratner dikutip dari Time.

Tak heran, pembatasan penggunaan gadget pada anak sekarang menjadi persoalan yang tidak mudah. Di tambah lagi, orang tua zaman sekarang termasuk pengguna gadget yang cukup intens. dr Lahargo menyarankan agar orang tua meningkatkan pengetahuan dan informasi pada anak terkait penggunaan gawai dan internet yang sehat. Edukasi ini bisa mencakup durasi, prioritas, dan konten yang diakses. Sehubungan itu, salah satu suggestions untuk meminimalisir potensi anak kecanduan gadget dirangkum oleh Bright Side.

Ingat, bahwa dalam gadget tersebut terdapat hal-hal yang negatif, yang tentunya tidak baik bagi anak, dan itulah yang menjadikan anak kecanduan gadget. Bila Anda tak ingin anak kecanduan gadget, maka cara terbaik untuk menghindarkannya tentu dengan memberi contoh terbaik bagi anak Anda. Anda juga bisa mengajak anak untuk melakukan kegiatan menarik lainnya agar pikiran anak teralihkan dari gadget.

Simpanlah gadget di tempat yang tidak diketahui oleh Si Kecil sehingga ia tidak bisa menggunakannya tanpa seizin Bunda. Lalu beri tahu sang anak bahwa untuk mencapai tujuan jangka panjang tersebut ada beberapa langkah yang harus ia lakukan. Sama halnya dengan recreation, untuk mencapai sebuah misi, biasanya selalu ada jalur yang harus dilewati. Tujuan suggestions ini adalah supaya anak menjadi lebih kreatif dan membantunya melihat aspek lain dari game online favorit mereka dengan sesuatu yang lebih terlihat nyata gaes. Tips dan cara lain untuk menghilangkan kecanduan game online untuk adalah dengan selalu mengaktifkan fitur parental management di handphone gaes. Anak boleh saja bermain hp, tapi kita perlu membuat batasan waktu dalam bermain.

Comments are closed.