Mendidik Anak Agar Tidak Manja

Mendidik Anak Agar Tidak Manja

seorang guru memang menguasai materi pelajaran yang akan diberikan kepada anak muridnya, namun perkembangan anak juga harus kita fikirkan. mereka akan banyak memiliki rasa ingin tahu tentang sesuatu, terhadap tentang issu yang mungkin sedang dibahas pada mata pelajaran tertentu. berikan kesempatan mereka untuk bertanya seputar pelajaran yang dibahas. guru bisa mengawali dengan menceritakan kisah pendek terkait pelajaran tersebut. buat mereka menjadi bertanya-tanya agar mereka lebih mudah mengerti dan memahami sebenarnya bagaimana menyelesaikan pertanyaan dalam suatu pelajaran tertentu.

Membuat anak mudah mengerti

Ini bisa menjadi metode yang sangat efekti funtuk sebuah pembelajaran dengan informasi yang rumit. Misalnya, Glukosa itu tipenya manis, periang dan bisa menjadi teman baik bagi semua makhluk hidup. Untuk membantu otak menyerap potongan besar dari informasi, trik lain yang bisa dicoba untuk memecah informasi adalah dengan membuat cerita yang menghubungkan setiap potongan informasi. Ketika anak mulai berkembang, biasanya mereka akan senang melakukan berbagai aktifitas.

Ketika Anda duduk bersama anak Anda untuk membantunya belajar, jangan melulu memberikan instruksi apalagi memperbaiki kesalahan anak begitu Anda menemukannya. Sebaliknya, beri dukungan dan dorong anak untuk menemukan kesalahannya dan perbaiki kesalahannya sendiri. Anda dapat memberi bantuan hanya setelah anak mencoba sekuat tenaga atau memberi usaha terbaiknya. Tetapi akan lebih bijaksana kalau saat membuat rencana tersebut Anda melibatkan anak juga. Siswa dipancing dengan pertanyaan-pertanyaan sehingga guru bisa mengetahui apakah siswa sudah paham atau belum.

Selain berbohong, orang tua juga biasanya kerap menakut-nakuti anak agar anaknya mau menurut dengan segera. Ini adalah perilaku orang tua yang keliru karena selain bisa menjadi semacam trauma saat ia dewasa, hal ini juga mengakibatkan anak menjadi tidak mandiri sehingga dapat mengurung kreatifitasnya. Anak mudah mengerti materi matematika simetri lipat dan sikap-sikap bangun ruang.

Salah satu cara agar anak pintar adalah dengan meningkatkan cara kerja otak. Ternyata cara kerja otak sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi seorang anak. Untuk dapat berfungsi dengan optimal, otak manusia membutuhkan dua macam asupan nutrisi utama yaitu glukosa dari karbohidrat dan juga protein. Glukosa dihasilkan oleh makanan berkarbohidrat seperti nasi atau ubi-ubian. Setelah diproses oleh tubuh, glukosa dibawa oleh darah ke otak dan menjadi bahan bakar otak anak. Tanpa glukosa, otak anak tidak dapat menjalankan fungsinya untuk memproses informasi dengan baik.

Namun masih banyak di antara kita yang tidak tertarik mempelajari bahasa Arab. Bahkan sebagian dari orangtua cenderung lebih senang jika anaknya mahir dalam berbahasa Inggris. Hal ini semakin membuat anak kurang berminat untuk mempelajarinya. Jangan sekali-kali memberikan contoh pada anak Anda untuk berbohong.

Siapa tahu pertanyaan yang mereka lontarkan sama dengan yang keluar di kertas ujian. Mengerti Tanggung Jawab Masing-Masing, Belajar kelompok akan percuma jika para anggotanya memiliki sifat egois dan memilih lepas tanggung jawab. Itulah mengapa sangat penting untuk selektif memilih teman belajar yang benar-benar mau belajar dan mengerti tanggung jawab Masing-Masing di dalam suatu kelompok. Pilihlah tempat belajar yang nyaman dan tenang, jauh dari televisi atau keramaian. Tempat belajar kelompok yang tenang dan nyaman sangat membantu dalam meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar dan berdiskusi.

Comments are closed.