Pandemi Untuk Melatih Kesabaran Dalam Melewati Hidup?

Pandemi Untuk Melatih Kesabaran Dalam Melewati Hidup?

Arahkan anak untuk membeli barang yang sesuai dengan angpau lebaran. Jika harga barang terlalu mahal, jangan beri uang tambahan untuk anak. Kamu bisa memintanya untuk membeli barang yang lebih murah atau menunggu sampai uang tabungan cukup. Dengan begitu anak belajar untuk sabar dan disiplin untuk menabung. Kamu bisa memberikan motivasi kepada anak-anak untuk membeli barang yang memang diidamkannya sejak lama. Dengan begitu, anak akan semangat untuk menabung dan sabar menunggu hingga uang cukup.

Melatih kesabaran pada anak

Pasalnya, momen lebaran jadi ajang bagi-bagi angpau orang dewasa yang sudah menikah pada anak-anak. Alhasil, anak-anak bersuka cita mendapatkan puluhan amplop yang berisi uang tersebut. Bahkan ada yang sudah berencana untuk membeli berbagai mainan, makanan, atau jalan-jalan dengan uang angpau tersebut. Ada beberapa permainan yang memang harus dimainkan dengan kesabaran tinggi.

Jakarta – Anak gelisah, merengek, bahkan marah saat sedang mengantre, atau bersikap tidak sabar terhadap suatu hal? Saya memang ingin membangun sekolah seperti tempat bermain. Kasihan melihat anak-anak saat ini yang belajar dari pagi sampai sore dengan menenteng buku dalam tas seberat 16 kg. Bermain untuk melatih kesabaran dan empati,” ujar Sarwono. Ibadah sunnah satu ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, manfaat yang bisa diambil dari berpuasa senin kamis dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Dengan berpuasa Senin-Kamis tubuh kita berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman dalam sehari, sehingga racun dapat dikeluarkan secara efektif.

Nggak hanya soal menggu ya Moms, mencontohkan sikap sabar juga bisa ditunjukkan ketika anak melakukan kesalahan. Usahakan Moms tetap tenang dengan menasihati anak tanpa membentak. Sampaikan perasaan Moms yang sebenarnya dengan lembut, katakan bahwa Moms sedang bersabar dengan nggak marah-marah meski menghadapi hal yang nggak Moms sukai. Melatih anak bersabar berarti harus membiasakannya berada dalam kondisi untuk bisa mengendalikan keinginan.

Dalam hal ini yang perlu Anda lakukan adalah mengajarkan cara mengambil makanan yang baik dan sopan. Selain itu, ajarkan juga etika dan cara makan yang baik pada anak. Jika pada usia balita si kecil sudah bisa makan sendiri maka hal ini menunjukan bahwa kemandirian anak sudah mulai terbentuk dengan baik.

Sungguh berat sebenarnya, apalagi bagi orang yang biasa bekerja harian untuk makan sehari-hari. Untuk menjaga kesabaran hal yang paling penting adalah memastikan bahwa diri kita bahagia. Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai, seperti beraktivitas di luar rumah, pergi bersama teman, atau sekadar bersantai di rumah.

Sama seperti orang dewasa, anak pun sering tidak sabar ketika menunggu, baik itu menunggu antrian atau giliran. Ajarkan pula tentang batasan, namun tunjukkan pula cinta anda saat anda melatih mental anak. Menggabungkan potongan-potongan dari puzzle membutuhkan kesabaran khusus pada seorang anak.

Lewat bermain puzzle, anak akan belajar bahwa untuk menyelesaikan suatu masalah ada langkah-langkah yang harus diambil untuk menyelesaikannya. Berikan salam kepada anak-anak saat mereka masuk kelas, sebelum pelajaran dimulai. Hal ini akan membantu menghubungkan ikatan batin antara diri kita dengan anak-anak didik dan membantu menyemangati anak untuk belajar di sekolah.

Comments are closed.